Kekalahan dan Duka Rakyat Brazil

Kekalahan dan Duka Rakyat Brazil

Tanggal 16 Juli 1950, publik Brazil bersedih atas kegagalan di final melawan
Uruguay. Tim yang digadang-gadang menjadi juara dunia harus bertekuk lutut di
kandang sendiri.

Tidak mudah bagi Brazil menghapus luka itu. Sakit hati atas kegagalan
menyakitkan itu kemudian disimpan bertahun-tahun. Pemain Brazil saat itu
kemudian menjadi kambing hitam yang dikecam mati-matian.

Hari ini, 09 Juli 2014 Kekalahan memalukan kembali terulang. Kehilangan
Neymar dan Tiago membuat Brazil begitu keropos, mirip emak-emak osteorporosis.

Seandainya dia dimainkan di pertandingan kali ini :

Saat ketinggalan 2:0 beberapa suporter mulai meninggalkan kursi penonton.
Ya, bagi negara yang agama keduanya adalah sepakbola maka kekalahan
adalah hal yang sangat memalukan.

Beruntung diakhir laga Brazil sempat mencetak gol penghibur pemecah telor.
Kalau enggak mungkin telor pemain Jerman yang bakal dipecahin. Laga berakhir 7-1.
kerusuhan brazil
Tersiar kabar melalui akun twitter @awaydays_ bahwa di luar terjadi kerusuhan.
Kekecewaan itu membuat segala kekesalan kembali bergolak.

Namun kemudian beredarnya gambar tersebut diklarifikasi oleh akun @Storyful
yang mengatakan bahwa gambar tersebut merupakan gambar lama.

Namun hal tersebut bukan tidak mungkin benar-benar akan terjadi. Tentu kita masih
ingat bagaimana Piala Dunia awalnya ditolak di Brazil lalu tenggelam
di tengah euforia
kesuksesan Brazil di fase grup, 16 besar, dan 8 besar. Seakan-akan menyiram
air garam pada luka yang baru hampir kering, kekalahan Brazil membuat
publiknya benar-benar terpukul.

Gue jadi ingat bagaimana Barbosa, kiper Timnas Brazil 1950 yang harus menanggung
ceraan hingga akhir hayatnya atas kegagalannya menjaga gawang. Akankah hal
yang sama akan terjadi pada Julius Cesar?. Paling tidak mungkin Cesar masih
bisa balik ke panggung dan bercikidawcikidaw aw awe.

Brazil kini mengibarkan bendera kuningnya. Piala Dunia mungkin tak akan lagi sama.
Karena semeriah-meriahnya perayaan, akan hampa bila dirayakan di rumah yang tuan
rumahnya tengah berduka.


Author Description

si Juki

Aktor Komik yang ngaku-ngaku Anti Mainstream padahal udah mainstream. Meskipun tiba-tiba menjadi pengamat sepak bola dadakan, ia cukup yakin kalau bumi ini bulat.

  • https://www.facebook.com/gallanttsany Gallant Tsany Abdillah

    ngg tapi pak presiden, itu gambarnya
    https://twitter.com/Storyful/status/486625655702822912

    • si Juki

      Thanks sob. udah gue ralat.

  • Katibi Vanhas

    itu foto tahun lalu juk

    • si Juki

      iya sob. udah gue ralat.

  • Bram Memasuki Romadhon

    Ga,bar harusnya gambar juk..

  • ilham oktariza

    dan, Lagi-lagi karena dia juk :v

    yang gak kuat lambaikan tangan :v /

    • ilham oktariza

      dan, siap2 untuk argentina :v

      • Izayoi

        sht janganlah -_-

      • Noño Radke

        photoshop fail

      • Imam Bastomi

        sudah terbukti gan gara2 bieber…

    • Excel Coananda

      Pegang benderanya kebalik. :v

    • Julian

      rupanya jushit bibir ini seorang penebak pertandingan juga, kayak paul gurita 2010 dulu

      • Budi Suryana

        bedanya yg dia pilih pasti kalah

    • Akhmad Yudo

      ampun…. ga tahan

  • Kuro Kun

    Cepet amat juk bikin postnya..hehe..matap…itu ada kata yg salah.. harusnya gambar malah jadi ga,bar….heheh di ralat juk.. ;)

  • Bagus Catur No Railgun

    Ceking harusnya ikut tuh… :v /

  • http://ari-official.us.to Ari Rorotanz

    salam bercikidawcikidaw aw awe buat Brazil

  • gunung shadu

    sampai detik ini pmain brazil masih berharap ada keajaiban, smoga timnas jerman mengundurkn diri supaya Brazil bisa ke final :)

  • Vrido Camaro Eldes

    Setelah Ini Bendera Brazil bakal berubah kyak yg lu buat juk , ada 7 Bola biru dalam Bendera.

  • Fauzi Fantasia

    Paling tidak mungkin Cesar masih bisa balik ke panggung dan bercikidawcikidaw aw awe. :v

  • Bimo Prawiradijaya

    :v

  • Guest

    tadi malam permainan brasil kurang mengigit, kayaknya brasil harus bersaing dengan spanyol demi menaturalisasi luis suarez yang notabenenya adalah merupakan pemain bertipikal pengigit. dengan hadirnya suarez di lini depan brasil/spanyol nantinya kemungkinan besar akan berdampak positif bagi kedua negara tersebut. namun menurut ane yang paling berpeluang mendapatkan suarez adalah spanyol karena mereka sudah banyak memiliki pemain bertipikal pengaduk seperti iniesta, dan setelah diaduk bola tersebut diberikan kepada xavi untuk dimasak, dan setelah dimasak akhirnya bola tersebut diberikan pada suarez untuk digigit.

    - sekian

  • http://www.animesoftshare.net Agung Prawira

    tadi malam permainan brasil kurang mengigit, kayaknya brasil harus bersaing dengan spanyol demi menaturalisasi luis suarez yang notabenenya adalah merupakan pemain bertipikal pengigit. dengan hadirnya suarez di lini depan brasil/spanyol nantinya kemungkinan besar akan berdampak positif bagi kedua negara tersebut. namun menurut ane yang paling berpeluang mendapatkan suarez adalah spanyol karena mereka sudah banyak memiliki pemain bertipikal pengaduk seperti iniesta hal itu juga disebabkan karena suarez udah bosan ngaduk sendiri, masak sendiri, jadinya dia mungkin lebih memilih spanyol, setelah iniesta mengaduk-aduk bola tersebut dari lapangan tengah lalu diberikan kepada xavi untuk dimasak disisi kiri pertahanan lawan, dan setelah dimasak akhirnya bola tersebut diberikan pada suarez untuk digigit di depan kotak pinalti, selanjutnya terserah suarez mau digol-in atau digigit.

    - sekian

  • Idhekuitu

    cikidaw cikidaw aw awe awe,, awe cikidaw cirikicikidaw ye ye ye ye ye ye aw awe awe,,

  • oye

    Bahasa lo terlalu pormal juk. Ga ngerti gw

  • Muhammad Haritzah Ghiffari

    Agamanya dikalahkan sama negara yang bukan agamanya sepak bola

    O.o

  • Aeon D’ Franz

    bang juk mau klarifikasi … kyk nya tulisannya kebanyakan kata namun .. kelihatannya kurang enak aja di baca gitu …. :3

  • Umi Ayyash

    maka pilihannya skr cuma 2, mau dukung german yg jelas2 penakluk mereka. or argentina yg oleh rakyat brazil sangat di benci. hohoho mereka nggak pernah akur sesame warga negaranya.

    o ya, skr, bendera2 brazil di jalan2 n toko2 banyak yg udah di copot, klo keluar rumah loe nggak bakal nemuin orang2 dengan t-shirt kebanggaan mereka. i think yg jualan perna/ik sepak bola dg dominasi kuning ijo juga udah jarang nongol. dan ya, disini nggak ada kerusuhan, cuma bus tim pas keluar di lempari jeruk sama fans yg kecewa.

    q liat penduduk sini udah nggak begitu respek ngomongin bola. n aq juga nggak denger lagi orang2 di jalan teriak -brazil brazil, kayak biasanya.